Minggu, 13 Januari 2013


PENTINGNYA PENGUASAAN BAHASA ASING DI ERA MODEREN


Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia untuk bisa saling berinteraksi. Hal ini senada dengan pengertian komunikasi menurut A. Winnet yakni proses pengalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut. Melalui definisi tersebut kiranya terlihat esensi komunikasi dalam kehidupan manusia.
Dalam berkomunikasi, manusia memerlukan bahsa yang dapat dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam aktivitas komunikasi tersebut. Hal ini bertujuan agar maksud yang disampaikan oleh setiap pelaku komunikasi dapat dipahami sebagaimana mestinya. Ini berati bahwa bahasa merupakan syarat dasar manusia untuk menjalankan kodratnya sebagai makhluk sosial yang yang sepatutnya saling berkomunikasi dalam kehidupan sosialnya.
Tidak dapat dipungkiri bahwa di dunia ini ada begitu banyak bahasa. Hampir setiap daerah memiliki bahasa tersendiri. Hal ini jelas merupakan hambatan utama dalam berkomunikasi. Namun saat ini beberapa bahasa telah muncul sebagai bahasa yang paling sering digunakan di dunia internasional sebagai bahasa pemersatu. Sebagai contoh, bahasa Inggris, Jerman, Jepang, dan Mandarin paling banyak digunakan. Pertanyaannya, apa pentingnya meguasai bahasa-bahasa asing tersebut?
Jika dilihat dari perkembangan dunia dewasa ini maka setidaknya ada beberapa keuntungan menguasai bahasa tersebut. Pertama, fungsi komunikasi, yakni bahasa asing di atas digunakan untuk berinteraksi dengan bagsa lain. Kedua, fungsi diplomatis/politis, yakni bahasa asing digunakan dalam komunikasi politis antar bangsa untuk mempermuda terjalinnya kerjasama antar negara. Ketiga, fungsi ekonomis, yakni bahasa asing digunakan untuk keperluan transaksi barang dan jasa di tingkat internasional. Selain itu, menguasai bahasa asing juga bisa menjadi sumber penghasilan terutama dalam bidang pariwisata. Keempat, fungsi edukasi, yakni bahasa asing perlu untu dapat mengerti materi ilmu pengetahuan hasil penelitian di negara lain, dan lain sebagainya.Beberapa nilai positif tersebut masih bisa dijabarkan lagi dengan lebih rinci. Sebagai kesimpulan, menguasai bahasa asing saat ini bukanlah sebagai kebutuhan tambahan, melainkan sebuah keharusan,. Untuk itu, hendaknya kaum muda menyadari hat tersebut arti penting penguasaan bahasa asing agar mampu berbicara banyak dalam dunia yang semakin modern seperti dewasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar